Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Beri Kuliah Pakar Kepada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNBRAH

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FAC memberikan Kuliah Pakar kepada mahasiswa Pendidikan Dokter Unbrah pada Selasa 11 Oktober 2022 di Ruang Sidang Pleno FK Unbrah.

Dalam kuliah Pakar tersebut Dekan FK UI memaparkan tentang “Penyakit dan Kelainan Sistem Gastrointestinal” di depan ratusan mahasiswa tersebut.

Menurutnya penyakit yang berhubungan dengan organ lambung ini penting diwaspadai karena bila dibiarkan akan berakibat fatal bagi penderita.

Seperti halnya “GERD” atau singkatan dari Gastro Eshopageal Refluk Disease yang terjadi akibat komplikasi Refluk lambung.

GERD atau biasa dikenal dengan gejala “heart burn” yakni rasa terbakar di mana adanya dorongan dari oeshopagus ke mulut yang menyebabkan rasa pahit di lidah.

Dalam penyembuhannya GERD ini dapat dilakukan oleh beberapa terapi dan bila sudah akut dapat dilakukan pemberian bantuan alat atau GERDQ.

Meskipun demikian katanya, mengubah pola hidup lebih sehat menjadi prioritas utama untuk mencegah penyakit ini tidak berkelanjutan. Terlebih penyakit ini sulit didiagnosa sejak awal.

Selain memberikan kuliah, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia juga ada diskusi dengan dosen Fakultas Kedokteran Unbrah serta berkunjung ke beberapa tempat di Unbrah dan FK serta dijamu makan siang di Yayasan Pendidikan Baiturrahmah.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran UNBRAH dr. Rendri Bayu Hansah, Sp. PD FINASIM mengapresiasi adanya kegiatan kuliah Pakar terlebih dengan hadirnya dosen sekaligus orang nomor satu di Fakultas Kedokteran  Universitas Indonesia tersebut.

Harapannya mahasiswa  dapat menyerap ilmu yang diberikan serta dapat diaplikasikan selanjutnya di berbagai kesempatan.

Kegiatan juga diakhiri dengan foto bersama.

Dokumentasi Acara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2023 IT FAKULTAS KEDOKTERAN UNBRAH